Yang Perlu Diketahui Kista Yang Menghambat Kehamilan

Yang Perlu Diketahui Kista Yang Menghambat Kehamilan, Yang Sangat Ditakutkan Dari Penyakit Kista Adalah Dapat Menghambat Kehamilan.

Yang Perlu Diketahui Kista Yang Menghambat Kehamilan

Banyak lho wanita yang takut kista membuat mereka tidak bisa punya anak. Bahkan ada pula yang takut penyakit ini akan membuat penderitaan berkepanjangan karena berhubungan dengan aset kewanitaan mereka. Nah, oleh karena itu kita perlu mengenali kista yang jinak dan kista yang memang membuat kita beresiko bila berencana hamil. Sebelum kita parno duluan pada kista, ini lho dua jenis kista yang perlu kita kenali.

Penyakit Kista Ovarium

Biasanya kista ovarium termasuk kista jinak. Namun Anda perlu berhati-hati kalau kista ini membesar hingga 6-8cm, terutama pada kista yang muncul di masa kehamilan. Kista ini sebenarnya tak akan mengganggu perkembangan janin, namun bila timbul rasa sakit, bisa jadi ini adalah akibat dari perkembangan kista yang kemudian memecah. Bila sakit ini terjadi, segera hubungi dokter. Bila kondisi ini terjadi pada masa kehamilan, bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Penyakit Kista Endometriosis

Endometriosis kadang tidak berbentuk seperti kista dan lebih berbentuk seperti kelenjar di dinding rahim, namun tumbuh di area luar rahim. Boleh dibilang, kista inilah yang membuat wanita kurang subur karena bisa melepas sel telur yang matang dan menyulitkan penangkapan oleh tuba falopi. Apabila kondisi ini berkembang, biasanya membuat wanita kesulitan untuk hamil. Penderita endometriosis stadium 1-2 biasanya masih bisa memiliki anak secara normal setelah perawatan. Namun untuk stadium yang lebih lanjut, cenderung lebih sulit untuk memiliki anak.

Apakah Penyakit Kista Harus Operasi?

Operasi atau tidak biasanya disesuaikan dengan jenis kista dan ukurannya. Serta memperhatikan faktor usia. Ada jenis kista yang bisa berangsur-angsur sembuh. Namun bila kista sudah mencapai ukuran tertentu atau menimbulkan nyeri, biasanya sudah waktunya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, hingga operasi.
Nah, bial Anda tahu diri Anda sedang memiliki kista, jangan takut dan pesimis dulu. Stay calm dan optimis. Serta tanyakan pada dokter mengenai alternatif apa yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah gejalanya makin parah. Kurangi stres dan pikiran negatif, akan membuat kesembuhan lebih pesat.


EmoticonEmoticon